Sunday, August 23, 2015

Penelitian Terkait Neural Network

Penelitian tentang dengan topik prediksi cukup banyak, berikut beberapa penelitian yang terkait dengan analisis yang menggunakan linear regresi antara lain penelitian yang berjudul:

Penelitian yang dilakukan oleh Rochmawati dan Binarsih [4], kepala sekolah dapat mengadopsi kepemimpinan yang sesuai untuk mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja para guru dan staf. Penelitian sebelumnya telah meneliti pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara kepemimpinan terhadap kepuasan dan kinerja guru menngunakan algoritma linear regresi.

Rusdianto [5], dalam penelitiannya berdasarkan hasil penelitian dari para penelitian terdahulu, dapat dipahami bahwa dalam lingkup organisasi sekolah, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kepuasan kerja para guru yang menjadi bawahannya. Penelitian berbeda yang menyimpulkan bahwa meskipun kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru, namun besarnya pengaruh hanya 30% saja sementara 70% dipengaruhi oleh variabel lain menngunakan algoritma linear regresi.

Penelitian yang dilakukan oleh Agus Subianto [6], kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi organisasi dan kepuasan kerja secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru menggunakan algoritma linear regresi.

2.1.4  Artificial Neural Network (ANN) dengan proses pembelajaran backpropagation dalam peramalan data deret waktu.
Penelitian yang dilakukan oleh Bambang [8], tujuannya adalah dengan menerapakan metode ANN untuk model peramalan dan membandingkan hasilnya dengan metode ARIMA Box-Jenkis.Pendekatan ARIMA Box-Jenkis terbukti relatif lebih baik terutama pada data yang stasioner.Sedangkan ANN lebih baik pada data tak-stasioner.

2.1.5      Penerapan algoritma neural network dengan struktur backpropagation untuk prediksi stok obat di apotik.
Penelitian yang dilakukan oleh Yanti [9], Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan hasil prediksi obat. Hasil diberikan dalam bentuk angka dan grafik dan pencarian root mean square error (RMSE) terkecil.

2.1.6      Penerapan model neural network dengan inisialisasi pembobotan awal menggunakan regresi logistik binner untuk memprediksi jenis penyakit Erythematho-Squamous.

Penelitian yang dilakukan oleh Aziz [10], Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa model neural network tersebut memiliki ketepatan 91.04% lebih tinggi dibandingkan dengan model regresi logistik normal (74.50%).           

0 comments:

Post a Comment